Cara Mudah Membuka Usaha Franchise Kafe Anak Muda

 

Halo halo selamat datang di web campur-campur ini. Udah lama gak posting nih, berhubung ada momen SUMPAH PEMUDA dan event dari ralali.com kali ini kita akan bahas seputar bisnis start up jenis franchise waralaba kafe yang mudah di-handle anak-anak muda kekinian.

Oiya aku tadi sebut nama ralali.com ya? Udah pada tau belum apa itu ralali.com? Aku kasih tau ya. Ralali B2B Marketplace adalah website gudang keren yang didirikan pada tahun 2013, ralali.com adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & Café), dan lainnya. Kini ralali.com sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Ralali.com menyediakan beragam kategori produk mulai dari Automotive Equipment, Electrical, Environmental, GPS, Machine Tools, Medical Devices, Power Tools, Safety Equipment, Sanitary, Test and Measurement, Work Tools, dan Home and Kitchen Appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user.

screenshot
Homepage ralali.com

Tau belum bedanya ralali.com sama toko jual-beli online sebelah? Ralali mengusung gaya B2B yang artinya business-to-business, anak ekonomi khususnya prodi manajemen pastinya udah gak asing lagi dengan istilah B2B. Business to business disini berarti ralali menjadi sarana bagi para calon wirausahawan menyediakan kebutuhan bisnisnya. Mulai dari bahan makanan dan minuman, peralatan, hingga perkakas rumahan yang dapat kita pesan dan gunakan untuk keperluan bisnis kita.

Habis kupas tuntas ralali.com kita sekarang ngobrol bahasan utama kita tadi yuk. Bisnis kafe yang bisa kita bikin jadi franchise waralaba. Kita tahu kan kalau anak muda zaman sekarang atau lebih suka disebut dengan gaya kekinian, suka dengan yang namanya kumpul sama temen, nongkrong elegan, ngopi cantik, dan kosakata keren lainnya, tapi yang pasti nyaman dan gak bikin kantong bulanan jebol. KAFE atau bahasa aslinya cafe, adalah salah satu destinasi urutan paling wahid pilihan anak muda “kemarin sore”. Kita wisata-kuliner-bandung-di-kafetahu dulu belum banyak tempat umum yang cozy buat kumpul bukan hanya kumpul temen tapi kumpul dengan keluarga. Taman, restoran, mal mungkin adalah pilihan konvensional buat kumpul-kumpul dengan orang-orang yang kita sayangi. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan dan keinginan publik, maka kita juga harus jeli melihat celah mana yang dapat kita gunakan untuk berbisnis. Nah, kalau sudah ngomong tentang bisnis, pasti anak-anak muda juga gak ingin ketinggalan. Selagi muda, toh kita menghasilkan sesuatu yang berharga.

Untuk masuk dalam industri kafe, pertama kita harus mempunyai konsep atau tema dasar tentang kafe itu. Misalnya kita hobi olahraga, kita bisa mengisi daftar nama menu kita dengan istilah yang dipakai dalam bidang sport. Misal kita suka dengan hal-hal yang berbau sirkus atau pasar malam, kita bisa membuat makanan minuman dengan model dan nama yang unik dan interesting.

Nah setelah tema dan konsep dasar sudah ada dalam bayangan. Kita mulai meracik apa-apa saja yang ada dalam daftar menu. Hal ini juga berhubungan dengan market segment yang kamu bidik. Apakah anak muda yang notabene low atau yang middle hinsouvenir-jersey-cupcake-oktgga high. Untuk menyiasati supaya kafe baru kamu ramai dan menarik minat pelanggan, sebaiknya pilihan segmen pasar low hingga middle. Isi pilihan menu dengan makanan berat secukupnya, minuman yang beraneka pilihan, makanan ringan yang unik, dan boleh saja jika kamu tambah dengan jajanan khas kafe kamu. Jadi menu tersebut bisa kamu jadikan menu andalan, ciri khas identitas kafemu. Dalam usaha kafe, perlu kamu pertimbangkan juga harga yang kamu banderol untuk tiap hidangan. Pikirkan harga pokok produksinya dan margin keuntungan yang kamu inginkan, tentunya tidak terlalu menguras dompet pelanggan kamu.
Setelah kamu isi daftar menu dengan pilihan yang menarik minat pelanggan kamu, htb1c1ywnpxxxxc0xpxxq6xxfxxxn-jpg_220x220sekarang saatnya memberikan treatment buat pelanggan kamu selama mereka menikmati hidangannya. Kita bisa buat suasana sesuai tema yang telah kita pilih. Misal tadi kita telah memilih tema sport, kita bisa hias dinding dengan wallpaper tribun yang penuh dengan penonton, meja-meja yang berbentuk pola lapangan olahraga, menghias lantai layaknya sirkuit motoGP dan lain sebagainya. Atau jika kita memilih tema sirkus pasar malam, kita bisa hias dengan lampu kecil-kecil yang menggantung panjang melintang ruangan, penataan makanan minuman (platting) yang atraktif dan instagram-able.

Selain menyesuaikan perkakas dan suasana dengan tema yang kita pilih, kita bisa tambahkan wifi , acoustic perform, nonton bareng, atau bahkan acara formal yang semuanya itu bisa kita jadwalkan selama satu bulan dan kita lakukan pada bulan berikutnya lagi.

kontes-blog-960x960c-rev2Semuanya sudah beres, makanan, minuman, tempat yang cozy, jadwal yang asyik. Tapi ada satu lagi hal penting buat kamu yang ingin buka usaha kafe di tempatmu yaitu lokasi. Usahakan lokasi kafe kamu strategis. Maksudnya kafe kamu easy to looks, mudah dijangkau, dan memiliki lahan parkir yang aman dan memadai. Sayang kan kalau orangnya sudah nyaman tapi motor mobilnya gak aman?

Kita disini tidak bisa berusaha sendiri. Kita bisa ajak pelanggan kita ikut mempromosikan dan menyebarluaskan kafe kita ini. Buat sebuah event tertentu yang menggunakan social media, karena zaman sekarang sosmed gampang buat dijadikan sarana penyebaran informasi sob. Lomba foto, lomba akustik atau hal-hal lain yang sifatnya fun. Pokoknya bikin pelanggan kamu enjoy di kafe kamu ini.

Nah, gimana ya modalnya? Inilah hal yang sering membuat calon businessman muda mengurungkan niatnya membukan usaha. Kita bisa mulai dengan tabungan kita sendiri. Selain itu kita juga bisa patungan, jadi bisnis ini adalah bisnis bersama dengan temen-temen kamu yang bisa kamu percaya jadi partner bisnis. Setelah kamu rasa bisnis ini bisa menjadi besar, mulailah masuk ke bank dan bertanya mengenai pinjaman bagi UMKM. Nah kebetulan proses pengajuan bagi UMKM merupakan program pemerintah yang paling baru supaya masyarakat memiliki permodalan yang baik bagi usahanya sendiri. Dengan begitu, working capital atau finansial untuk kegiatan operasi bulanan terjamin.
cam01376Sekarang kita tinggal menjalankannya dengan hati yang senang. Jika pada awal usaha kita bekerja sendiri dengan bantuan beberapa teman, maka seiring dengan berkembangnya kafe kamu, kamu bisa pekerjakan beberapa pelayan baru sehingga kamu tidak perlu memeras keringat sendiri. Ini berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia dalam kafe kamu saat ini.

Oiya bingung dengan aktifitasmu yang sibuk seharian dan kini harus ngurus kafe juga? Tenang kita bisa atur kapan jam buka dan tutup kafe kamu. Usahakan kasih 1 jam awal untuk persiapan kafe kamu. Pilih orang-orang andalanmu yang bisa kamu ajak kerjasama. Ini penting supaya usaha kamu berjalan lancar.

Satu hal penting sebelum kamu mulai bisnis ini, pastikan restu dan doa dari orang-orang yang kamu sayangi terlayangkan. Ayah, ibu, keluarga, pacar, teman dan orang-orang yang kamu sayang lainnya.

Setelah kamu bisa menjalankan satu kafe kamu ini. Kamu bisa kembangkan jadi franchise yang kamu dirikan sebagai cabang di kota-kota lain. Suplai peralatan dan perlengkapan sesuai kafe original kamu. Kini kamu bisa bekerjasama dengan ralali.com supaya kamu bisa dapatkan alat-alat seperti gelas, meja, kursi, hiasan dinding, bahan untuk membuat makanan dan minuman, dan hal lainnya. Franchise kafe ini belum banyak dilakukan di Indonesia jadi ini bisa kamu gunakan untuk masuk bisnis kreatif ini. Selain menambah isi kantong sendiri, kantong orang lain juga terisi. Kalau dipikir-pikir lagi, kita turut membantu pemerintahan pusat dalam hal mengurangi pengangguran di berbagai daerah. Hitung total berapa biaya yang kamu keluarkan untuk dapat mematok harga franchise yang mau kamu kembangkan.

Optimis dan percaya diri harus kita pegang untuk memulainya. Sekian tulisanku saat ini. Semoga kamu mulai termotivasi dan bermanfaat buat kamu. Tolong share dan like ya. Semoga ilmu ini berguna bagi aku dan kamu semuanya. Terima kasih.

2 Comments Add yours

  1. Andra says:

    Good article. Amazing!

  2. Putri says:

    Tulisannya mantap.
    Buat inspirasi buka usaha😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s