Sistem Ekonomi Barter dan Kelemahannya

floating-market

Pada awalnya manusia memenuhi segala kebutuhannya sendiri-sendiri, mulai dari makanan hingga peralatan. Lambat-laun mereka menyadari bahwa mereka tidak perlu melakukan itu, ada orang lain yang bisa memenuhi keperluan mereka, dan orang lain memerlukan apa yang dia punya. Kemudian terciptalah sistem barter/tukar.

Dengan semakin berkembangnya perekonomian manusia semakin menyadari bahwa cara barter ini tidak praktis atau memiliki kelemahan, yaitu :

1. Alat tukar susah untuk dibawa ke mana-mana
Kalau jumlah barang yang hendak dibelanjakan/ditukarkan masih sedikit dan berukuran kecil, tidak ada masalah. Namun coba dibayangkan bila orang kaya yang memiliki banyak sapi hendak belanja di suatu tempat. Betapa repotnya ia harus membawa sapinya kesana-kemari.

2. Susah transaksi
Untuk sebuah transaksi terjadi kedua belah pihak harus menginginkan barang yang dimiliki satu sama lain. Jika seorang pembuat topi tidak menginginkan barang si peternak sapi, maka peternak tersebut batal memiliki topi.

3. Alat tukar susah untuk dipecah-pecah
Apabila si peternak sapi hanya ingin membeli satu topi, maka kesulitan pertama yang akan ia temui adalah ia harus memotong-motong sapinya terlebih dahulu ke ukuran yang lebih kecil, dan kedua sisanya mau dikemanakan?

4. Susah menentukan standar nilai tukar
1 sapi itu nilainya berapa banyak topi, berapa banyak kentang, berapa banyak kopi, dsb.? Bayangkan ada berapa banyak barang yang ada di dunia, dan masing-masing harus dibuat daftar nilai tukarnya.

5. Susah menyimpan kekayaan
Bayangkan kalau kekayaan Anda berupa jeruk segudang. Bukankah jeruk akan membusuk? Anda akan kehilangan harta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s