Identitas

Perahu Kertas

Kisah ini dimulai dengan Keenan, seorang remaja pria yang baru lulus SMA yang selama 6 tahun tinggal di Amsterdam bersama neneknya. Ia memiliki bakat melukis dan bercita – cita menjadi pelukis. Namun ayanhnya melarangnya dan mengajaknya ke Indonesia untuk kuliah. Keenan diterima kuliah di Bandung Fakultas Ekonomi. Di sisi lain ada Kugy, cewek unik dan eksentrik, yang juga akan kuliah di universitas yang sama dengan Keenan. Ia suka sekali dengan dongeng dan bercita – cita menjadi juru dongeng. Namun, Kugy sadar bahwa penulis dongeng bukan profesi yang menjanjikan. Tak ingin lepas dari dunia menulis, ia lantas meneruskan studinya di Fakultas Sastra. Kugy dan Keenan dipertemukan oleh pasangan Eko dan Noni. Eko adalah sepupu Keenan, sementara Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil. Mereka semua hijrah dari Jakarta, kecuali Noni. Mereka berempat akhirnya bersahabat karib.
Lambat laun Kugy dan Keenan saling mengagumi dan diam – diam mereka saling jatuh cinta. NAmun kondisi saat itu serba tidak memungkinkan. Kugy sudah memiliki kekasih sementara Keenan saat itu dicomblangkan oleh Eko dan Noni dengan Wanda, seorang kurator muda. Persahabatan empat sekawan itu mulai merenggang. Kugy mempunyai kesibukan baruyakni menjadi guru di sekolah darurat Sakola Alit. Ia bertemu Pilik, muridnya yang paling nakal. Kugy berhasil menaklukan Pilik dan kawan – kawannya dengan menuliskan dongeng petualangan mereka sendiri berjudul Jenderal Pilik dan Pasukan Alit yang kelak ia berikan pada Keenan. Hubungan Keenan dengan Wanda pun kandas. Keenan pun pergi ke Ubud dengan hati hancur, Keenan tinggal di rumah sahabat ibunya, Pak Wayan. Kehidupan Keenan di tengah keluarga Pak Wayan yang semuanya merupakan seniman – seniman tersohor di Bali mulai mengobati luka hatinya pelan – pelan. Adalah LuhdeLaksmi, keponakan Pak Wayan sosok yang paling berpengaruh dalam penyembuhannya. Berbekal kisah Jenderal Pilik dan Pasukan AIit yang diberikan Kugy padanya, Keenan menciptakan luksian serial yang menjadi terkenal dan diburu para kolektor. Di Bandung, Kugy sangat kehilangan sahabat – sahabatnya dan mulai kesepian. Ia lulus kuliah secepat mungkin dan langsung bekerja sebagai copywriter di sebuah biro iklan di Jakarta. Ia disana bertemu Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Berkat pemikirannya yang ajaib dan serba spontan membuatnya melejit menjadi seorang yang diperhitungkan di kantornya. Dan akhirnya Remigius jatuh hati dan dapat meluluhkan hati Kugy. Keenan harus kembali ke Jakarta menjalankan perusahaan keluarga karena kondisi ayahnnya yang tidak memungkinkan.
Pertemuan Kugy dan Keenan tak terelakan, bahkan empat sekawan ini bertemu lagi dengan kondisi yang sudah berbeda. Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi semuanya. Akhirnya setiap hati hanya bisa kembali pasrah dalam aliran cinta yang mengalir entah ke mana. Seperti perahu kertas yang hanyut entah ke mana tapi selalu bermuara di tempat yang sama

Identitas Buku
Judul buku : Perahu Kertas
Penulis : Dee/Dewi Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka & Truedee Pustaka Sejati
Cetakan : Pertama Agustus 2009
Tebal : xii + 444 hlm
Unsur Intrinsik Novel
• Judul novel : Perahu Kertas
• Pengarang novel : Dewi “Dee” Lestari
• Tema : persahabatan
• Tokoh dan Penokohan : 1. Keenan – baik, penurut, ragu – ragu
2. Kugy – baik, lugas, spontanitas
3. Eko – ramah, setia
4. Noni – keras kepala, cerewet, perhatian
• Latar : Amsterdam, Jakarta, Bandung, Ubud, rumah Pak Wayan
• Alur : Maju
• Sudut Pandang : Orang ketiga serba tahu
• Konflik : Empat sekawan itu memiliki kesibukan masing – masing
• Amanat :
……..Tetap jagalah persahabatanmu meski cinta tiba – tiba hadir di antara hatimu……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s